MELAMPAUI KEBEBASAN: KONSEP KEBEBASAN THOMAS AQUINAS VS KEBEBASAN MODERN

Authors

  • Simplesius Sandur STIKAS Santo Yohanes Salib, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.58919/juftek.v5i2.26

Keywords:

Kebebasan, daya memilih, kebabasan nominalisme, indiferens, pro-choice vs pro-life.

Abstract

Kebebasan manusia terungkap dalam suatu pilihan dan pilihan adalah elemen fundamental hidup manusia. Konsep kebebasan memiliki sejarah yang panjang. Hal itu telah ditafsir oleh para pemikir dalam sejarah filsafat dan agama. Para pemikir religius-filosofis tidak memiliki kesatuan pandangan tentang hal ini. Variasi penafasiran tentang kebebasan telah melahirkan cara pandang yang berbeda tentang kebebasan. Ada yang melihatnya sebagai hal yang tidak dapat dipisahkan dari intelek dan kehendak karena kebebasan mengalir dari kedua fakultas ini. Sementara yang lain melihatnya sebagai fakultas dari mana akal budi dan kehendak mengalir. Dalam hal ini kebebasan adalah suatu ekspresi yang paling esensial martabat manusia sehingga melahirkan suatu kebebasan mutlak. Variasi penafsiran ini membawa akibat pada cara pandang tentang hidup dan bagaimana hidup ini dijalankan. Pandangan tentang kebebasan melahirkan pertarungan yang tiada henti antara dua gerakan di dunia modern yaitu pro-life dan pro-choice. Artikel ini menghadirkan suatu penafsiran polemik mengenai kebebasan dari perspektif filsafat moral.

References

Magisterium Gereja

YOHANES PAULUS II, Veritatis Splendor (terj. Indonesia Piet Go), DOKPEN KWI, Jakarta

KONGREGASI UNTUK AJARAN IMAN, Instruksi mengenai Kebebasan dan Pembebasan Kristiani

(22 Maret 1986), DOKPEN KWI, Jakarta 1991.

Buku

THOMAS AQUINAS, Summa Theologiae, (terj. Inggris: Fathers of the English Dominican Province), Christian Classics-Ave Maria Press, Notre Dame 1948.

, Queaestio disputata de virtutibus in communi (terj. Inggris Ralph McInerny), St.

Augustine’s Press, Indiana 1999 , Quaestiones disputatae de malo (terj. Inggris: Richard Regan, ed. Brian Davies), Oxford University Press, New York, 2001.

, De Veritate, (edisi Latin-Italia), Bompiani il Pensiero Ocidentale, Milano, 2008. ARISTOTELES, Nicomachean Ethics (terj. Inggris: W. D. Ross), dalam Jonathan Barnes (ed.),

The Complete Works of Aristotle, Vol. II, Princeton University Press, New Jersey, 1984. BAKKER, Anton, SJ, Antropologi Metafisika, Kanisius, Yogyakarta, 1995.

GILSON, Etienne, History of Christian Philosophy in Middle Ages, Random House, New York,

, The Christian Philosophy of Saint Thomas Aquinas (terj. Inggris: L. K. Shook, C.S.B.), University of Notre Dame Prees, Notre Dame, 1994.

, The Spirit of the Medieval Philosophy, (terj. Inggris A. H. C. Downes), University of

Notre Dame Press, Notre Dame, 2011.

MACINERNY, Ralph, Ethica Thomistica, The Moral Philosophy of Thomas Aquinas, The

Catholic University of America Press, Washington D.C, 1997.

PINKAERS, Servais, The Christian Source of Christian Ethics, (terj. Inggris: Sr. Mary Thomas

Noble, O.P), T&T Clark, Edinburgh, 2001.

RHONHEIMER, Martin, Natural Law and Practical Reason: A Thomist View of Moral

Authonomy, Fordham University Press, New York, 2000.

SANDUR, Simplesius, Etika Kebahagiaan: Fondasi Filosofis Etika Thomas Aquinas, Kanisius, Yogyakarta, 2020.

Downloads

Published

2022-12-20

How to Cite

Simplesius Sandur. (2022). MELAMPAUI KEBEBASAN: KONSEP KEBEBASAN THOMAS AQUINAS VS KEBEBASAN MODERN. Jurnal Filsafat Dan Teologi Katolik, 5(2), 38–52. https://doi.org/10.58919/juftek.v5i2.26